CRM atau Customer Relationship Management merupakan strategi dan usaha
untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang
memuaskan bagi pelanggan.Dengan memanfaatkan CRM, perusahaan akan mengetahui
apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan
emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka serta
komunikasi dua arah di antara mereka.Dengan demikian kesetiaan pelanggan dapat
dipertahankan dan tidak mudah berpindah ke lain produk dan merek.
CRM mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan
pelayanan kepada pelanggan secara real time dengan menjalin hubungan dengan
tiap pelanggan yang berharga melalui penggunaan informasi tentang pelanggan.
Berdasarkan apa yang diketahui dari pelanggan, perusahaan dapat membuat variasi
penawaran, pelayanan, program, pesan, dan media. Melalui sistem yang menerapkan
CRM, perusahaan membentuk hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, dimana
perusahaan dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dan menyediakan pilihan produk
atau layanan yang sesuai dengan permintaan mereka.
Tahapan CRM
Ada tiga tahapan CRM, yaitu:
- Mendapatkan pelanggan
baru (acquire).. Pelanggan baru didapatkan dengan memberikan kemudahan
pengaksesan informasi, inovasi baru, dan pelayanan yang menarik.
- Meningkatkan hubungan
dengan pelanggan yang telah ada (enhance).. Perusahaan berusaha menjalin
hubungan dengan pelanggan melalui pemberian pelayanan yang baik terhadap
pelanggannya (customer service). Penerapan cross selling atau up
selling pada tahap kedua dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dan
mengurangi biaya untuk memperoleh pelanggan (reduce cost).
- Mempertahankan pelanggan
(retain).. Tahap ini merupakan usaha mendapatkan loyalitas pelanggan
dengan mendengarkan pelanggan dan berusaha memenuhi keinginan pelanggan.
Tujuan CRM
yaitu:
- Menggunakan hubungan
dengan pelanggan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan
- Menggunakan informasi
untuk memberikan pelayanan yang memuaskan
- Mendukung proses
penjualan berulang kepada pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar